Category Archives: Berita seputar pelaksanaan bimtek

Lek2pn diklat baru – baru ini menyelenggarakan Bimtek Pendalaman Perpres Nomor 4 Tahun 2015 Tentang Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah. Yang disampaikan oleh Bapak AGUS PURWANTORO, SE ,M.Si. Kegiatan dilaksanakan di hotel Losari Roxy Jakarta pada tanggal 20 – 22 April  2017. Yang dihadiri peserta dari Dinas Pariwisata Kabupaten Morotai.

Lek2pn diklat baru – baru ini menyelenggarakan Tata Cara Pengadaan Barang dan Jasa Tanpa Proses Lelang di lengkapi Tata Cara Audit E – Procerument Atas Pengadaan Bar/jas. Yang disampaikan oleh Bapak Ir.Bambang Apriyanto, M.Mt (Praktisi pengadaan barang dan jasa pemerintah dari Bappenas  RI) Kegiatan dilaksanakan di hotel amaris setia budi bandung pada tanggal 26 – 27 April  2017. Yang dihadiri peserta dari Inspektorat Kabupaten Sangihe dan Kementrian Pertanian Republik Indonesia.

Lek2pn diklat baru – baru ini menyelenggarakan bimtek antisipasi dan pengelolaan konflik sosial bagi aparatur pemerintah yang dilaksanakan pada tanggal 28 – 29 Desember 2016 bertempat di hotel amaris mangga besar jakarta yang di sampaikan oleh narasumber dari kementrian dalam negri republik indonesia.

Konflik yang mengemuka di berbagai daerah ditengarai masih terkait dengan masalah beragamnya kepentingan, latar belakang, identitas dan simbol-simbol demografis lain yang masih sering disalahgunakan untuk menciptakan situasi yang disintegratif atau sebagai media pemecah kesolidan masyarakat. Pemahaman masyarakat tentang kebhinekaan dalam kesatuan yang menjadi ciri khas bangsa Indonesia ternyata juga masih perlu terus dibina dan diperkuat. Dalam konteks birokrasi pemerintah daerah, salah satu fungsi pemerintahan yang paling pokok adalah bagaimana secara efektif mengintegrasikan berbagai kepentingan masyarakat dan publik yang berbeda menjadi terkelola dan sinergis, yang sangat berguna dalam proses penciptaan stabilitas poleksosbudhankam yang berguna bagi pelaksanaan pembangunan masyarakat, daerah dan kamtibmas pada khususnya.

Namun demikian, kenyataan di lapangan masih menunjukkan adanya kebutuhan untuk membekali aparatur pemerintah daerah, khususnya dari aparat Dinas Sosial, Kesbanglinmas, Bagian Humas dan Satpol PP serta pihak  perusahaan swasta, khususnya bagian Humas dan Community/External Relations berkaitan dengan konsep dan aplikasi antisipasi dan pengelolaan masalah konflik sosial dan publik secara komprehensif dan lintas perspektif. Konflik semestinya dipahami sebagai outcome dari berbagai faktor yang saling mengkait; legal, ideologi, pendidikan, geografi, kemiskinan, pranata sosial dan berbagai faktor terkait lainnya.

Lek2pn diklat baru – baru ini menyelenggarakan bimtek mekanisme penatausahaan pengadaan barang dan jasa oleh bendahara skpd. Yang disampaikan oleh narasumber dari Bappenas yang dilaksanakan di amaris mangga besar jakarta pada tanggal 26 – 27 Oktober 2016.

Dalam menjalankan fungsi pemerintahan, sudah pasti dibutuhkan logistik peralatan dan jasa yang menunjang optimalnya kerja instansi tersebut. Kebutuhan ini dipenuhi oleh beberapa pihak, baik itu perusahaan milik pemerintah maupun swasta. Berbeda dengan pengadaan barang dan jasa di instansi dan perusahaan swasta, pengadaan barang dan jasa di instansi pemerintahan lebih rumit karena berhubungan dengan perhitungan APBN/APBD yang digunakan untuk membayar barang atau jasa tersebut. Terlebih lagi ada beberapa aturan yang mengatur proses pengadaan barang tersebut, Perpres 54 tahun 2010 sebagai perubahan tentang tatacara pengadaan barang dan jasa pemerintah dari Keputusan Presiden No 8 tahun 2003.

Dalam proses pengadaan barang dan jasa ini, terdapat juga beberapa istilah yang perlu diketahui oleh setiap personil yang terlibat didalamnya agar tidak menimbulkan ambiguitas dan misinterpretasi. Saat kita membahas pengadaan barang dan jasa, panitia pengadaan dan penyedia barang/jasa merupakan bagian yang tidak terpisahkan.

Lek2pn diklat baru – baru ini menyelenggarakan bimbingan teknis manajemen kependudukan dan pencatatan sipil yang di sampaikan oleh narasumber dari kementrian dalam negri dan dilaksanakan pada tanggal 3 – 4 November 2016 di hotel losari roxy yang dihadiri oleh peserta dari disdukcapil kepulauan aru.

Lek2pn diklat baru – baru ini menyelenggarakan bimbingan teknis penyusunan sasaran kinerja pegawai (SKP) dan penilian prestasi kerja pagawai aparatur sipil negara. Yang disampaikan oleh narasumber dari Badan Kepegawaian Nasional (BKN) dilaksanakan di hotel losari roxy jakarta pada tanggal 16 – 17 Oktober 2016. Yang dihadiri peserta dari dinas pendidikan kota sorong.

bimtek SKP bagi PNS ini sangat penting dilaksanakan untuk memberikan pemahaman terhadap seluruh pegawai di lingkungan dinas pendidikan kota sorong mengenai penyusunan dan penilaian SKP karena masih banyak terdapat masalah dalam pengisian target dan realisasi SKP, baik karena faktor SDM-nya, sistemnya maupun aturan-aturan yang terkait dengan pengisian yang nanti apabila tidak segera diselesaikan akan merugikan bagi pegawai yang bersangkutan.

Hasil penilaian prestasi kerja pegawai dapat menunjukkan apakah Sumber Daya Manusia pada organisasi sudah memenuhi target atau sasaran yang dikehendaki baik secara kualitas maupun kuantitas, bagaimana perilaku pegawai dalam melakukan pekerjaannya, apakah cara kerja tersebut sudah efektif dan efisien, bagaimana penggunaan waktu kerja, dan sebagainya.

Dijelaskannya Selain berpengaruh pada organisasi, hasil Penilaian Prestasi Kerja juga berpengaruh pada individu pegawai. Penilaian Prestasi Kerja yang tidak didasarkan pada kriteria yang obyektif dapat menimbulkan keresahan dan rasa tidak aman. Sebaliknya penilaian dengan cara yang tepat dan standar atau target yang dinilai jelas dapat meningkatkan motivasi dan gairah kerja pegawai. Sehubungan dengan besarnya pengaruh hasil penilaian, maka perlu diupayakan agar penilaian dilakukan seobyektif mungkin.

LEK2PN DIKLAT menelenggarakan BIMTEK PEDOMAN DAN TATA CARA PELAKSANAAN SOP PADA UNIT LAYANAN PENGADAAN BARANG/JASA yang akan dilaksanakan di jakarta pada tanggal : 16 – 17 Maret 2017. Pendaftaran dibuka untuk umum. Untuk permintaan surat undangan dapat menghubungi : 0812.9840.1480